NASI UDUK BETAWI PO DASIH PULO TIMAHA



Siapa Yang Tak Kenal Nasi Uduk Betawi.



Mpo Dasih Penjual Nasi Uduk Betawi yang beralamat di Jl. Raya Pulo Timaha RT. 001/009 Desa Babelan Kota.




Nasi uduk betawi yang terbilang sangat populer di tanah air. yang biasa dijadikan menu sarapan warga Betawi pada umumnya, apakah kalian tahu asal usul nasi uduk ??

Kehadiran nasi uduk di Indonesia diperkiraan sudah sejak abad ke-14 hingga ke-16 yang datang lewat proses perdagangan. Awal muasal nasi uduk itu berasal dari Tanah Melayu yang Pada Umumnya daerah Indonesia (pulau sumatera) dan wilayah negara Malaysia.karena perpindahan para penduduk melayu yang merantau ke pulau jawa dan menjual makan ini yang lezat ini bisa sampai di pulau jawa wilayah Sunda Kelapa dan sampai di Jawa barat.

Katanya asal mula kata uduk justru berakar dari bahasa Sunda yang artinya bersatu atau bercampur, jadi bisa di bilang nasi yang dicampur dengan menu yang lain,makanan ini juga punya sedikit kemiripan dengan nasi lemak yang sangat khas di malaysia.

Ada juga yang berpendapat bahwa nasi uduk merupakan makanan rakyat kecil mengingat perekonomian Indonesia zaman dahulu sangat susah. Masyarakat cenderung mengonsumsi makanan apa adanya. Nasi uduk berasal dari kata “uduk”, secara etimologi artinya “susah”, di sisi lain, nasi uduk dahulu dijual memakai gerobak dan selalu ada di pasar.




Sumber : Ayo Bekasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT BENDERA MERAH PUTIH

PERNAH DENGER KATA BESAN DAN KONDANGAN

KAYU TIMOHO SALAH SATU BENTUK WARISAN LUHUR